• +(62)812-1001-0280
  • arkana-bi@arkana.co.id

Manfaat dari Business Intelligence

Sebelumnya kita sudah membahas pengertian dari Business Intelligence itu sendiri, dan pendapat dari beberapa pakar mengenai Business Intelligence. Dari pengertian dan pemahaman Artikel sebelumnya, secara keseluruhan berpendapat bahwa penerapan Business Intelligence dapat berdampak positif pada perusahaan. Jika seperti itu, maka muncul pertanyaan tentang manfaat apa saja sih jika kita menerapkan Business Intelligence pada sebuah bisnis?

Apa manfaat dari Business Intelligence?

Dengan fitur yang dimiliki oleh business intelligence, mereka dapat memberikan kekuatan baru pada bisnis kita yang dapat mengubah cara kita dalam menjalankan bisnis selama ini. Selain itu business intelligence juga memiliki berbagai manfaat yang diantaranya adalah

Pelaporan cepat dan akurat
Karyawan dapat menggunakan templat atau laporan khusus untuk memantau KPI (Key Performance Indicator) menggunakan berbagai sumber data, termasuk keuangan, operasi, dan data penjualan. Laporan-laporan ini dihasilkan secara real time dan menggunakan data yang paling relevan sehingga bisnis dapat bertindak cepat. Sebagian besar laporan menyertakan visualisasi yang mudah dibaca, seperti grafik, tabel, dan grafik. Beberapa laporan perangkat lunak BI bersifat interaktif sehingga pengguna dapat bermain dengan variabel yang berbeda atau mengakses informasi lebih cepat.

Analisis kompetitif
Kemampuan untuk mengelola dan memanipulasi sejumlah besar data adalah keunggulan kompetitif itu sendiri. Selain itu, penganggaran, perencanaan, dan perkiraan adalah cara yang sangat kuat untuk tetap unggul dalam persaingan, melampaui analisis standar, dan juga mudah dilakukan dengan perangkat lunak BI. Bisnis juga dapat melacak penjualan dan kinerja pemasaran pesaing mereka dan belajar bagaimana membedakan produk dan layanan.

Kualitas data yang lebih baik
Bisnis yang mengurus pengumpulan, pembaruan, dan pembuatan data berkualitas biasanya lebih sukses. Dengan perangkat lunak BI, perusahaan dapat mengumpulkan berbagai sumber data untuk gambaran yang lebih lengkap tentang apa yang terjadi dengan bisnis mereka.

Peningkatan kepuasan pelanggan
perangkat lunak BI dapat membantu perusahaan memahami perilaku dan pola pelanggan. Sebagian besar perusahaan menerima umpan balik pelanggan secara langsung dan informasi ini dapat membantu bisnis mempertahankan pelanggan dan menjangkau yang baru. Alat-alat ini juga dapat membantu perusahaan mengidentifikasi pola pembelian, yang membantu pelanggan yang berpengalaman untuk mengantisipasi kebutuhan dan memberikan layanan yang lebih baik.

Mengidentifikasi tren pasar
Mengidentifikasi peluang baru dan membangun strategi dengan data yang mendukung dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi bisnis, berdampak langsung pada profitabilitas jangka panjang, dan memberikan ruang lingkup penuh tentang apa yang terjadi. Karyawan dapat memanfaatkan data pasar eksternal dengan data internal untuk mendeteksi tren penjualan baru dengan menganalisis data pelanggan dan kondisi pasar, serta menemukan masalah bisnis.

Peningkatan efisiensi operasional
Alat BI menyatukan berbagai sumber data, yang membantu organisasi bisnis secara keseluruhan sehingga manajer dan karyawan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk melacak informasi dan dapat fokus pada pembuatan laporan yang akurat dan tepat waktu. Berbekal informasi terkini dan akurat, karyawan dapat fokus pada tujuan jangka pendek dan jangka panjang mereka dan menganalisis dampak keputusan mereka.

Keputusan yang ditingkatkan dan akurat
Pesaing bergerak cepat dan penting bagi perusahaan untuk mengambil keputusan secepat mungkin. Kegagalan untuk masalah dengan akurasi dan kecepatan dapat menyebabkan hilangnya pelanggan dan pendapatan. Organisasi dapat memanfaatkan data yang ada untuk mengirimkan informasi kepada pemangku kepentingan yang tepat pada waktu yang tepat.

Peningkatan pendapatan
Meningkatkan pendapatan adalah tujuan penting untuk bisnis apa pun. Data dari BI dapat membantu bisnis mengajukan pertanyaan yang lebih baik tentang mengapa sesuatu terjadi dengan membuat perbandingan di berbagai dimensi dan mengidentifikasi kelemahan penjualan. Ketika organisasi mendengarkan pelanggan mereka, mengawasi pesaing mereka, dan meningkatkan operasi mereka, pendapatan lebih cenderung meningkat.

24 Hours Robotic Company Watchdog !

Semakin berkembangnya zaman, membuat kompleksitas pengelolaan bisnis menjadi semakin menantang. Revolusi industri 4.0 telah membawa seluruh lini industri ke level persaingan industri tertinggi yang belum pernah terjadi sebelumnya, persaingan total yang bahkan tidak lagi  mengenal sekat-sekat sektor industri.

Dalam Era 4.0, mereka yang cepat mengenali dan beradaptasi dengan pasar, dipastikan akan menjadi pemenang mutlak di pasar terkait. Tanpa memperdulikan nilai kapitalisasi pasar, ataupun konsistensi penguasaan pasar.

Tantangannya adalah, dalam setiap industri pasar memiliki banyak sekali variabel yang harus selalu dipantau oleh para pemegang keputusan dengan parameter-parameter yang terkadang perlu dianalisis secara mendalam terus menerus selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Namun, siapakah Pemegang keputusan yang mampu melakukan ini semua ?

Disinilah BI berperan sebagai Anjing penjaga perusahaan selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Dengan Active BI ArTech, perangkat lunak terkait dapat membantu para pemangku Keputusan bukan hanya sekedar mengawasi, tetapi juga "menggonggong" (memberikan warning / peringatan), ketika suatu variabel penting yang disetujui memperlihatkan pergerakan penting untuk diketahui oleh para pengambil keputusan.

Tidak selesai di sana, jika digabungkan dengan machine learning, perangkat BI perusahaan dapat mempelajari bagaimanakah respon setiap pemangku keputusan atas pergerakan setiap variabel penting selama 24 jam, sehingga di masa depan, BI perusahaan dapat memberikan rekomendasi dan arahan terkait keputusan strategis di masa depan. 

Contohnya : Direktur Sales dapat memberikan perintah kepada perangkat BI, jika Sales di suatu area menurun lebih dari X%, maka berikan notifikasi pada smartphone saya nama-nama sales-nya, sales Spv-nya, dan para pejabat serta nomor-nomor kontak mereka.

Sehingga setiap pemangku kepentingan dapat segera memadamkan api, sebelum terjadi kebakaran besar yang menghanguskan perusahaan di kemudian hari.

Pada kesimpulannya, BI membantu menentukan pengambilan keputusan dan membuat data lebih bermakna. Piranti lunak BI memungkinkan mengambil data yang tersimpan di sistem ERP, spreadsheet Excel dan database Oracle dan Microsoft Access, dan menyimpannya di RAM server sehingga untuk mencetak laporan bulanan cukup dengan mengakses data dari intranet perusahaan kapan saja mereka inginkan sehingga para pengambil keputusan dapat mempelajari data yang terbaru setiap hari.

Alat BI yang digunakan perusahaan bergantung pada tujuan mereka. Beberapa perusahaan tertarik untuk mendapatkan wawasan tentang pembelian konsumen, perusahaan lain tertarik untuk meningkatkan produktivitas karyawan atau melihat siapa yang berkinerja terbaik. Ada banyak cara tak terbatas perusahaan dapat menggunakan Business Intelligence.